vortex-unsteady.

Vortex-Unsteady

Gambar di atas merupakan suatu kejadian yang marak diberitakan akhir-akhir ini, yaitu jembatan runtuh. Jembatan, berfungsi untuk menjadi penghubung 2 tempat yang terpisah oleh kali, sungai dan laut. Sesuai dengan fungsinya ini maka jembatan merupakan suatu sarana yang crusial karena jika jembatan ini runtuh akan dapat menghambat mobilitas yang ada sehingga semua aspek dalam kehidupan menjadi kacau. Pertanyaan yang timbul sekarang adalah kenapa jembatan ini bisa runtuh? Padahal jembatan yang terdiri dari tiang penyangga logam masih terlihat kokoh untuk berdiri. Hal ini akan dijelaskan di ulasan di bawah ini.

Pada kaki-kaki jembatan yang tercelup di fluida (air) akan sering mengalami vortex (ulakan). Hal ini disebakan karena kaki jembatan merupakan sesuatu yang dapat menghambat aliran fluida yang sedang mengalir. Awalnya vortex ini bertekanan rendah tetapi dengan seiring berjalannya waktu dan struktur jembatan yang dibangun memungkinkan menambah vortex yang ada maka vortex ini akan menjadi semakin banyak.  Vortex ini bergerak secara fluktuatif (vortex unsteady) yang berarti vortex berubah terhadap waktu. Karena vortex ini bergerak secara fluktuatif maka akan terjadi gerak harmonic yang mempunyai frekuensi yang tinggi. Frekuensi tinggi yang dihasilkan akan dapat menyebabkan resonansi (ikut bergetarnya suatu benda akibat getaran benda lain karena mempunyai frekuensi yang sama). Akibat resonansi ini akan dihasilkan amplitudo yang besar dimana akan menyebakan bagian-bagian yang lainnya pun akan mengalami kerusakan. Inilah alasan mengapa jembatan bisa runtuh selain ditinjau dari sisi umur jembatan itu sendiri.

Berdasarkan alasan tersebut, maka perlu mencari frekuensi untuk menentukan rigidnitas (kekakuan terhadap struktur) dalam merancang suatu jembatan. Pertimbangan lainnya sebagai berikut:

Jika bahan terlalu elastic -> vortex akan cepat terjadi -> resonansi -> rusak

Jika bahan terlalu kaku -> tegangan berlebih -> tegangan melebihi tegangan yang diijinkan -> rusak.

Di sini terlihat perlu analisa yang matang dalam merancang dan memilih material untuk struktur sebuah jembatan karena Anda sendiri tidak mau jatuh kan ketika melewati sebuah jembatan yang Anda rancang sendiri.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: